Harga Minyak Mentah Di Pasar Asia 2015

Harga Minyak Mentah Di Pasar Asia 2015! Harga minyak dunia di pasar Asia kembali turun, setelah semalam emas hitam itu sempat naik harga, saat penutupan pasar Amerika Serikat. Aksi ambil untung (profit taking) para pedagang minyak dari Asia, membuat harga minyak kembali tergelincir.

Laman Rim Intelligence melaporkan, di bursa Nymex, Kamis 2 April 2015 siang, minyak mentah AS (West Texas Intermediate/WTI) untuk kontrak Mei, diperdagangkan pada level US$49,53 per barel. Ini artinya, harga tersebut turun 56 sen per barel dibanding penutupan perdagangan di New York dini hari tadi.

Harga minyak mentah jenis Brent untuk kontrak Mei juga turun. Di bursa ICE Brent menetap di level US$56,50 per barel, atau turun 59 sen.

Perdagangan minyak di Barat semalam, dipengaruhi oleh turunnya produksi minyak mentah AS, serta pelemahan dolar terhadap euro. Para pedagang di Barat, semalam juga terpengaruh sentimen bahwa sanksi nuklir Iran tak akan dicabut, karena negosiasi berlarut-larut.

“Namun, dengan perkembangan pembicaraan sanksi nuklir Iran, beberapa catatan tampaknya akan membuat Iran memasukkan minyaknya ke pasar,” kata Takayuki Nogami, ekonom senior di Japan Oil, Gas and Metals National Corp, menyebut sentimen di pasar Asia.